5 Pencapaian Terakhir Tim Indonesia di Piala Sudirman

May 08, 2019

PIALA Sudirman akan kembali berlangsung di Naning, China, mulai 19-26 Mei 2019. Tim Indonesia akan mengirimkan 20 pebulu tangkis dengan komposisi 12 atlet putra dan enam atlet putri. Tim Indonesia merupakan unggulan ketiga di bawah Jepang dan China pada Piala Sudirman 2019.

Piala Sudirman merupakan turnamen bulu tangkis beregu campuran yang digagas oleh Indonesia pada 1986. Akan tetapi, Tim Indonesia baru satu kali menjuarainya yakni pada Piala Sudirman 1989 yang merupakan tahun pertama diadakannya turnamen tersebut. Sementara itu, China jadi tim yang paling sering menjadi juara yakni 10 kali diikuti Korea Selatan (Korsel) dengan koleksi empat trofi Piala Sudirman.

Dalam lima gelaran terakhir Piala Sudirman, Tim Indonesia berusaha keras menjadi juara tetapi hasil yang didapatkan belum sesuai harapan. Berikut lima pencapaian terakhir Tim Indonesia di Piala Sudirman.

5. Piala Sudirman 2009 (Semifinal)

Sony Dwi Kuncoro (Foto: PBSI)

Pada Piala Sudirman 2009, Tim Indonesia diisi oleh para pebulu tangkis terbaik Tanah Air saat itu. Kendati demikian, perjalanan Sony Dwi Kuncoro dan kawan-kawan hanya mencapai babak semifinal. Perjalanan Tim Indonesia terbentur aksi impresif Korsel sehingga takluk 1-3.

Pada laga itu, tiga wakil Tim Indonesia yakni Nova Widianto/Liliyana Natsir, Maria Kristin Yulianti dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan takluk dari lawannya masing-masing. Tim Indonesia hanya meraih poin lewat kemenangan Sony.

Sementara itu, nasib Korsel yang tampil di partai puncak usai mengalahkan Tim Indonesia juga tak berakhir manis. Sebab, Korsel harus kalah 0-3 dari China dan itu merupakan gelar juara ketujuh untuk Negeri Tirai Bambu.

Topics:

Related Articles