Valentino Rossi Tertantang Mengaspal di Sirkuit Spa-Francorchamps

May 17, 2019

LE MANS - Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, mengaku tertarik untuk menjajal Sirkuit Spa-Francorchamps di Belgia. Namun, The Doctor tidak ingin mengaspal di sirkuit tersebut dengan sepeda motor, melainkan mobil balap.

Sirkuit Spa-Francorchamps memang dikenal sangat berbahaya untuk sepeda motor. Namun, Federasi Balap Motor Internasional (FIM) tetap memasukkan lintasan di Stavelot, Belgia, tersebut ke dalam kalender ajang balap ketahanan sepeda motor, FIM World Endurance, pada 2022.

Valentino Rossi mengakui Sirkuit Spa memang punya layout yang ikonik dan menyenangkan di dunia. Namun, sirkuit yang biasa menggelar balapan Formula One (F1) bagi pembalap asal Italia tersebut masih kalah dibandingkan layout Nurburgring di Jerman.

Sirkuit Spa-Francorchamps (Foto: GPOne)

(, Sabtu (18/5/2019).

"Membalap dengan sepeda motor terlalu berbahaya di sana. Namun, saya tidak terlalu mengenal sirkuit itu. Keamanan merupakan hal terpenting. Jika keamanan bisa dipastikan, maka itu akan menjadi trek terbaik di dunia," imbuh pembalap berusia 40 tahun tersebut.

Valentino Rossi

Perlu diketahui, Sirkuit Spa-Francorchamps memiliki jarak tempuh 7,004 kilometer (km) per putaran. Letak sirkuit yang berada di pegunungan membuat cuaca sulit diprediksi serta keberadaan tikungan Eau-Rouge - Radillon membuat sirkuit tersebut sangat menantang.

Topics:

Related Articles